Jakarta Domino

Lapak Domino QQ Online Terpercaya Di Indonesia

Ketahui Tentang Bedanya Sumpit Jepang, China, dan Korea

Ketahui Tentang Bedanya Sumpit Jepang, China, dan Korea

Ketahui Tentang Bedanya Sumpit Jepang, China, dan Korea

BERKAHPOKER – Dari cerita legenda, asal mula penggunaan sumpit adalah bermula dari kisah Pasutri, Jiang Zi Ya dan istri hidup dalam kemiskinan. Karena sudah lama hidup miskin, Sang istri menaruh dendam kepada suaminya karena sebagai kepala rumah tangga tidak memiliki rasa tanggung jawabnya mensejahterakan keluarga.

Mulailah sang istri melancarkan rencana balas dendam untuk memberi racun pada makanan suaminya. Namun niat buruk sang Istri digagalkan oleh seekor burung. Saat tangan si kakek menyuapkan makanan kedalam mulut, seekor burung tiba-tiba mematuk tangannya, kemudian burung itu berkata “Jangan pakai tanganmu untuk mengambil makanan, gunakanlah tumbuhan itu seraya menunjukkan kearah hutan bambu.

Baca Juga : Apa Saja Yang Terjadi Dalam Otak Wanita Ketika Orgasme

Setelah itu, si kakek kemudian mengambil makanan beracun yang dihidangkan Istrinya dengan batang bambu. Saat menyentuh makanan tersebut, batang bambu itu mengeluarkan asap hijau itu sebagai pertanda bahwa makanan yang disajikan oleh sang istri tercemar racun. Sejak saat itulah Jing Zi Ya tahu bahwa batang bambu dapat mendeteksi racun dan memanfaatkannya sebagai alat bantu makannya.

Sejak itu pulalah Para tetangganya kemudian mengikuti contoh tersebut hingga kebiasaan ini terus turun temurun dari generasi ke generasi. Sampailah dijaman kids now, Sumpit alat makan yang memiliki 2 batang sama panjang. Pasti sudah familiar, ya. Selain dari itu sumpit yang ada di Cina, Jepang, Korea ternyata memiliki perbedaan, sumpit yang berasal dari ketiga Negara ini selain berbeda juga memiliki beberapa alasan logis dan ada sejarah dibaliknya.

Berikut perbedaannya:

1. Dilihat dari bentuknya, beginilah perbedaan sumpit ketiga negara ini.

Simpel ya. Tapi kenapa bisa berbeda padahal fungsinya sama-sama untuk makan kan?

2. Sumpit Cina berukuran lebih panjang dan tebal.

Dibanding sumpit Jepang dan Korea, sumpit punya Cina tampak lebih panjang dan tebal. Tapi, hal ini bukan tanpa alasan, lho.

3. Faktanya hal ini tidak lepas dari budaya makan bersama di Cina.

Banyaknya piring di meja membuat mereka harus mengambil makanannya sendiri. Dengan begitu, sumpit yang panjang memudahkan mereka mengambil makanan yang terjauh.

INFO BANK ONLINE : ( BCA ONLINE ), ( BRI ONLINE 24 JAM ), ( MANDIRI ONLINE 24 JAM ), (BNI ONLINE 24 JAM), ( DANAMON ONLINE 24JAM )

LIVECHAT 24 JAM!!

WWW.BERKAH88.COM

WWW.ISTANAVIP.COM

4. Berbeda pula dengan budaya sajian makan di Jepang.

Berbeda dengan di Cina, di Jepang setiap makanan sudah disediakan untuk setiap orang karenanya mereka tidak membutuhkan sumpit yang panjang. Bahkan mereka sering menggenggam mangkuk nasinya di dekat mulut.

Baca Juga : Fakta Tentang Taman Telanjang Paris Yang Bikin Cengang

5. Sumpit Jepang tampak lebih runcing, kenapa ya?

Sumpit Jepang juga dibuat lebih runcing supaya memudahkan orang Jepang saat memisahkan ikan dari durinya. Kok bisa ya?

6. Sumpit Korea kebanyakan terbuat dari logam.

Sementara sumpit Jepang dan Cina kebanyakan terbuat dari kayu, sumpit Korea terbuat dari logam. Bentuknya yang gepeng membuat kebanyakan orang sulit menggunakannya untuk pertama kali. Termasuk kamu kan? JAKARTADOMINO.COM

7. Ternyata sumpit logam punya kisah tersendiri di Korea.

Alasan utama mengapa sumpit Korea terbuat dari logam adalah bahwa, secara historis, orang kaya membuat sumpit mereka dari perak yang konon bereaksi dengan bahan kimia beracun – yang dengan demikian menggagalkan upaya pembunuhan.

 

8. Kebiasaan makan ramen juga jadi alasan penggunaan sumpit logam.

Orang Korea juga lebih sering makan sup atau ramen dibanding Jepang dan Cina sehingga sumpit dengan bahan ini akan lebih mudah dibersihkan dan higienis.

Berdasarkan legenda, Sumpit dibuat guna untuk menangkal racun. Namun sumpit yang ada di Cina, Jepang dan Korea, berbeda namun tetap sama dalam hal fungsinya sebagai teknologi sederhana memudahkan dalam mencomot makanan. Alat makan yang dinamakan sumpit ternyata ada muatan budaya dan filosofis bagi ketiga negara tersebut. Kalau kita disini paling dipakai buat makan mie balap atau mi goreng.

(Ketahui Tentang Bedanya Sumpit Jepang, China, dan Korea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jakarta Domino © 2017