Penyebab Vagina Memunculkan Bau Ikan Asin Yang Tak Sedap

Penyebab Vagina Memunculkan Bau Ikan Asin Yang Tak Sedap

 

Penyebab Vagina Memunculkan Bau Ikan Asin Yang Tak Sedap

 

AsliDomino – Setiap wanita memiliki aroma vagina yang unik dan berbeda. Aroma vagina yang sehat dan normal umumnya sedikit asam seperti cuka, tapi tidak menyengat. Namun kalau sampai berbau amis atau busuk dan bertahan lama, kemungkinan ada masalah pada vagina Anda. Apa saja kondisi dan penyakit yang menjadi penyebab bau vagina tidak normal?

 

Penyebab bau vagina yang paling sering terjadi

Berikut berbagai kondisi dan penyakit yang menyebabkan bau pada vagina :

  1. Jarang ganti celana dalam

    Sama seperti bagian tubuh lainnya, vagina juga perlu rutin dibersihkan. Apalagi area ini selalu tertutup

    Kebiasaan jarang mengganti celana dalam dapat membuat kondisi vagina terus lembap sehingga dapat dihinggapi bakteri maupun jamur. Apalagi jika seharian tadi Anda beraktivitas yang membuat keringat mengalir deras.

    Jika kebiasaan ini tidak diubah, jangan heran jika vagina jadi mengeluarkan bau yang lebih menyengat dari biasanya. JudiDomino

  2. Makanan yang Anda konsumsi

    Terkadang, apa yang Anda makan sehari-hari bisa menjadi penyebab bau badan dan vagina juga, lho!

    Beberapa makanan yang sudah terbukti dapat membuat badan beraroma tidak sedap antara lain, bawang putih, bawang merah, asparagus, dan makanan berbumbu kari.

    Mengurangi frekuensi makan dan porsinya bisa membantu mengurangi bau tubuh yang terlalu menyengat. Termasuk pada vagina.

  3. Baru selesai menstruasi

    Menstruasi terkadang menjadi penyebab bau pada vagina. Hal ini biasaanya disebabkan oleh perubahan hormon atau sisa-sisa lapisan dinding rahim (endometrium) yang ikut luruh.

    Bau anyir pada vagina kadang muncul lebih kuat menjelang selesai haid.

  4. Kanker vagina

    Kanker vagina termasuk penyakit langka yang menyerang wanita. Penyakit ini sering kali tidak disadari karena gejalanya sangat samar. Selain menjadi penyebab bau pada vagina, jenis kanker ini juga menyebabkan berbagai masalah lain seperti:

    • Perdarahan pada vagina setelah berhubungan intim
    • Perdarahan di luar siklus haid
    • Keputihan yang tidak normal
    • Adanya benjolan di vagina
    • Sakit saat buang air kecil
    • Sembelit
    • Nyeri panggul

 

Penyebab Vagina Memunculkan Bau Ikan Asin Yang Tak Sedap

 

Cara membuat vagina wangi dan segar secara alami

  • Jaga vagina tetap kering

    Lingkungan yang terlalu lembap akan jadi sarang bagi berbagai jenis bakteri penyebab penyakit. Selain itu, berhati-hatilah saat kita membasuh vagina setelah buang air kecil. Siram dengan air dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Arah ini mampu mencegah bakteri jahat pindah ke vagina dan menyebabkan bau tak sedap.

    Pastikan kita  rutin mengganti pembalut atau pantyliner, paling tidak setiap empat jam sekali.

  • Jaga pola makan yang sehat dan seimbang

    Perbanyak makan buah-buahan, sayuran hijau, dan produk probiotik seperti yogurt. Makanan-makanan tersebut mampu mencegah pertumbuhan bakteri jahat serta bisa membuat vagina wangi dan segar alami.

    Sebaliknya, makanan dengan bau yang menyengat seperti bawang putih bisa membuat vagina Anda berbau tak sedap.

  • Cuci vagina dengan cara yang benar

    Untuk mencuci vagina dengan benar, kita hanya membutuhkan air hangat (suam-suam kuku). Kita juga bisa menggunakan pembersih kewanitaan yang mengandung povidone-iodine. Bersihkan hanya bagian luar vagina saja. Setelah itu, keringkan dengan cara menepuk-nepuk pelan daerah vagina, jangan digosok. DominoOnlineTerpercaya

    Jangan lupa untuk memakai celana dalam yang cukup sejuk dan menyerap keringat. Segera ganti kalau pakaian dalam sudah terlalu lembap karena keringat atau cairan vagina berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.