Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

 

Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

 

AsliDomino – Meski ngiler saat tidur lebih banyak dialami oleh bayi dan anak-anak yang kontrol otot wajahnya masih belum mantap, orang dewasa juga bisa saja membasahi bantalnya selama tidur malam. Orang dewasa tidur ngiler umumnya wajar, tapi adakah cara menghilangkan ngiler saat tidur?

Semua fungsi tubuh akan berhenti sementara sepanjang waktu tidur malam untuk diistirahatkan, kecuali kerja jantung, paru-paru dan otak.

Air liur diproduksi oleh kelenjar liur yang dikendalikan oleh otak. Otak terus bekerja bahkan selama Anda bermimpi, maka mulut akan terus-terusan memproduksi air liur. Akibatnya, liur akan menggenang di dalam mulut. DominoOnline

Dalam keadaan sadar, otot wajah, lidah, dan otot rahang, akan bekerja untuk menjaga agar liur tidak merembes keluar dari mulut atau menelan kelebihan liur kembali ke dalam perut. Namun karena semua otot-otot tubuh akan melemas sepanjang malam, kemampuannya untuk menjaga air liur tetap dalam mulut akan berkurang.

 

Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

 

Ditambah lagi, tidur dalam posisi miring atau suka berubah-ubah memudahkan mulut untuk terbuka, sehingga air liur bisa mengalir keluar lebih mudah. AgenDominoOnline

Selain itu, penyebab ngiler saat tidur juga sering dialami orang yang sedang pilek, flu, alergi, atau infeksi sinusnya kambuh. Gangguan pernapasan ini membuat hidung tersumbat sehingga mereka secara tidak sadar jadi harus bernapas lewat mulut yang terbuka, bahkan selama tidur.

Beberapa cara menghilangkan ngiler saat tidur yang bisa Anda coba

  • Ubah posisi tidur

    Jika Anda selama ini suka tidur menyamping atau tengkurap, kini waktunya coba mengubah posisi tidur favorit Anda. Coba biasakan tidur telentang dengan menyisipkan guling atau bantal tebal di kedua sisi tubuh, dan di bawah lutut agar Anda tidak berguling pindah posisi di tengah malam.

  • Obati alergi dan sinus

    Infeksi sinus, pilek, dan alergi yang kambuh bisa bikin tidur tak nyenyak sampai mengiler karena hidung tersumbat. Maka, minum dulu obat Anda sebelum tidur agar bisa bernapas lega selama tidur. Kebanyakan obat flu, alergi, dan pilek bisa dibeli di apotek atau toko obat tanpa harus menebus resep.

  • Kurangi makanan manis

    Cobalah untuk membatasi makanan manis dan bergula sebagai cara menghilangkan ngiler saat tidur. Dilansir dalam laman Verywell, banyak makan makanan manis bisa merangsang produksi air liur. Semakin banyak gula yang Anda makan, semakin banyak liur yang diproduksi dalam mulut. JudiDomino

Leave a Reply

Your email address will not be published.